Mohon pencerahan pak, saya install Briker IP Pbx ver 2.0.4
Dengan koneksi sip trunk dengan provider.
Untuk call out/outgoing saya bisa call ke nomor HP.
Tetapi incomming belum bisa, jika saya call dari HP saya ke nomor di PBX statusnya adalah jurusan yang anda tuju sedang sibuk.
Pastikan trunk status nya sudah OK, apabila menggunkan SIP Trunk dengan registered user bisa dilihat statusnya di IPPBX Administration -> Tools -> IPPBX Summary, lalu pilih pada bagian Registries, pastikan status nya sudah Registered.
Karena kalo tidak registered maka SIP Provider anggap tujuannya belum siap untuk dikirimkan panggilan sehingga mendapat announcement tujuan sedang sibuk.
Ok, kalo gitu coba kirimkan log /var/log/asterisk/full nya disini, sebelumnya aktifkan dulu dengan cara berikut :
Login menjadi root di console Briker
Edit file /etc/asterisk/logger.conf,
vi /etc/asterisk/logger.conf
Hilangkan tanda titik koma ; , pada bagian ; full => notice,warning,error,debug,verbose, dengan cara tekan tombol i terlebih dahulu, setelah dihilangkan tekan tombol esc lalu tekan tombol :wq! setelah keluar jalankan :
asterisk -rx “logger reload”
setelah itu jalan kan perintah berikut sebelum lakukan test incoming call
tail -f /var/log/asterisk/full
Oh yah, untuk konfigurasi inbound routes dan trunk juga tolong diinfokan disini
pengalaman kami, hal2 seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dari yang sederhana seperti ternyata operator belum setup incoming nya, sampai hal2 kompleks seperti ternyata operator kirim data tidak sesuai RFC atau RFC nya tdk di support Asterisk
namun ada semacam metode atau step-by-step dalam menyelesaikan masalah, minimal mencari hint akan permasalah tersebut:
koordinasi dengan baik dengan provider, pastikan secara resmi mereka memang sudah setup dg benar disisi mereka, maksudnya adalah dapatkan konfirmasi bahwa mrk sudah ready. ini hanya konfirmasi 1 arah aja, sering juga ternyata mereka belum melakukannya krn internal miscomm, atau salah dalam setup nya
pastikan disisi kita semuanya sudah sesuai aturan, ya username/password atau IP, setting trunk, context dll. poin 2 ini teknis dan fix, artinya ini hanya masalah teknis dan biasanya isinya itu2 aja, jarang2 setiap setup trunk isinya berbeda dengan trunk dari provider lain (kecuali IP, user dll ya), struktur nya biasanya sama, jadi pelajari aja dengan baik dan ikuti petunjuk yang sudah pernah melakukannya disini.
poin 2 itu hanya berhasil kalo poin 1 nya benar, maka dari itu lakukan yang paling penting: debugging, gunakan tools dalam Asterisk yang ada untuk debugging, seperti setup logger yang benar, aktifkan full log, jalankan sip debug kalo perlu, atau gunakan tools lain seperti ngrep
ref:
terkait masalah incoming, dengan ngrep atau asterisk logger kita bisa lihat apakah ketika dial-in ada aktifitas yang terlihat di ngre/asterisk log, itu saja. kalo ada berarti provider sudah benar mengarahkan panggilan incoming ke server kita, tapi somehow mungkin detil2 konfigurasi kita belum betul, jadi bisa fokus memperbaiki konfigurasi.
aktifitas log yang ditunjukkan ketika incoming call baik di ngrep maupun di asterisk log tidak selalu mudah dipahami isinya, diskusikan aja disini
dibagian mana lagi yang harus saya tambahin yah?
karena message yang saya terima dari call ke nomor tersebut adalah “jurusan yang anda tuju sedang sibuk”
Akhirnya berhasil call out/in lewat PBX melalui ipphone isat.
Senang sekali bisa dapat pencerahan dari para master, semoga indonesia lebih hebat lagi khususnya dalam telekomunikasi.
saya membuat satu nomor di CID, langsung ke jawab sudah.