[solved] Incomming dari SIP trunk belum ok

Mohon pencerahan pak, saya install Briker IP Pbx ver 2.0.4
Dengan koneksi sip trunk dengan provider.
Untuk call out/outgoing saya bisa call ke nomor HP.
Tetapi incomming belum bisa, jika saya call dari HP saya ke nomor di PBX statusnya adalah jurusan yang anda tuju sedang sibuk.

Mohon pencerahannya pak Ono dan teman semua?

Halo,

Pastikan trunk status nya sudah OK, apabila menggunkan SIP Trunk dengan registered user bisa dilihat statusnya di IPPBX Administration -> Tools -> IPPBX Summary, lalu pilih pada bagian Registries, pastikan status nya sudah Registered.

Karena kalo tidak registered maka SIP Provider anggap tujuannya belum siap untuk dikirimkan panggilan sehingga mendapat announcement tujuan sedang sibuk.

Kondisi sekarang call out/outgoing sudah ok.
Dan memang di status PBX tidak ada ter-Registrasi.
Kalau keadaan seperti ini pak Asoka:

  1. Apakah problem saya di setingan PBX atau disisi provider?
  2. Saya hanya dapat nomor pstn, tanpa ada id dan password, karena koneksinya by ip dan pemakaian nomor lewat sip trunk (ip adress)
  3. Apakah callout tidak harus PBX ter-registry?

Mohon pencerahanya pak Asoka, dan terimakasih sebelumnya pak Asoka atas kemurahan hatinya.

Ok, kalo gitu coba kirimkan log /var/log/asterisk/full nya disini, sebelumnya aktifkan dulu dengan cara berikut :

  • Login menjadi root di console Briker

  • Edit file /etc/asterisk/logger.conf,

vi /etc/asterisk/logger.conf

  • Hilangkan tanda titik koma ; , pada bagian ; full => notice,warning,error,debug,verbose, dengan cara tekan tombol i terlebih dahulu, setelah dihilangkan tekan tombol esc lalu tekan tombol :wq! setelah keluar jalankan :

asterisk -rx “logger reload”

  • setelah itu jalan kan perintah berikut sebelum lakukan test incoming call

tail -f /var/log/asterisk/full

Oh yah, untuk konfigurasi inbound routes dan trunk juga tolong diinfokan disini

bantu jawab
untuk inbound setinfan trunk harus ada context from trunk dan nat = yes…

salam

type = peer

coba copas di sini setingan trunk nya pak…
kemaren saya juga gitu, dan dibantu pencerahan oleh pak anton,

pengalaman kami, hal2 seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dari yang sederhana seperti ternyata operator belum setup incoming nya, sampai hal2 kompleks seperti ternyata operator kirim data tidak sesuai RFC atau RFC nya tdk di support Asterisk

namun ada semacam metode atau step-by-step dalam menyelesaikan masalah, minimal mencari hint akan permasalah tersebut:

  1. koordinasi dengan baik dengan provider, pastikan secara resmi mereka memang sudah setup dg benar disisi mereka, maksudnya adalah dapatkan konfirmasi bahwa mrk sudah ready. ini hanya konfirmasi 1 arah aja, sering juga ternyata mereka belum melakukannya krn internal miscomm, atau salah dalam setup nya

  2. pastikan disisi kita semuanya sudah sesuai aturan, ya username/password atau IP, setting trunk, context dll. poin 2 ini teknis dan fix, artinya ini hanya masalah teknis dan biasanya isinya itu2 aja, jarang2 setiap setup trunk isinya berbeda dengan trunk dari provider lain (kecuali IP, user dll ya), struktur nya biasanya sama, jadi pelajari aja dengan baik dan ikuti petunjuk yang sudah pernah melakukannya disini.

  3. poin 2 itu hanya berhasil kalo poin 1 nya benar, maka dari itu lakukan yang paling penting: debugging, gunakan tools dalam Asterisk yang ada untuk debugging, seperti setup logger yang benar, aktifkan full log, jalankan sip debug kalo perlu, atau gunakan tools lain seperti ngrep

ref:

terkait masalah incoming, dengan ngrep atau asterisk logger kita bisa lihat apakah ketika dial-in ada aktifitas yang terlihat di ngre/asterisk log, itu saja. kalo ada berarti provider sudah benar mengarahkan panggilan incoming ke server kita, tapi somehow mungkin detil2 konfigurasi kita belum betul, jadi bisa fokus memperbaiki konfigurasi.

aktifitas log yang ditunjukkan ketika incoming call baik di ngrep maupun di asterisk log tidak selalu mudah dipahami isinya, diskusikan aja disini

anton

Dear Pak Asoka,
berikut hasi snapshoot tail yang dimaksud

sebelumnya provider meminta saya untuk melakukan config parameter sbb:

  •   voice codec :g711ALaw
    
  •   numbering plan semuanya di set : UNKNOWN
    
  •   CRC4 : ON
    
  •   Tambahan, Codec G711;G729,
    
  •   Setup call Set 10 sec
    

berikut trunk dan inbound yang sudah di isi

inbound:

loh trunk indosat…hehehe sama kyk saya pake…, saya uda bisa kok pak…dr indosat sudah open

pak coba du terminal ketik ngrep -q “nomerpenelpon” -W byline udp port 5060

pakah uda masuk call dr luar ke pbx…jadi biar jelas, apakah uda di open tau blem ama ipphone indosat…

atau ketik asterisk -rvvvvvv terus liat lognya perhatiakn ada nomer hp yg masuk ke trunk incomong tidak??

satu lagi registery kgak usah di isi, kosongkan aja…karena sifatnya ipphone indosat tidak register

Dear Pak Zaki,
Terimakasih penjelasan dan infonya
saya sudah lakukan penambahan nat=yes di trunk, juga menghapus registry no seperti yang dimaksud

tapi incomming call masih belon bisa menerima PBXnya pak.

Untuk call out (outgoing) sudah bisa di process PBX.

status sekarang masih belon bisa incoming pak Zaki.

mohon pencerahanya lagi

salam,

pak …indosat hanya open codec g711 aja …tidak g729

username=+627786003888
type=peer
host=10.253.156.205
context=from-trunk
nat=yes

Dear Pak Zaki,

masih belon bisa terima pak, berikut log dari asterisknya.

dibagian mana lagi yang harus saya tambahin yah?
karena message yang saya terima dari call ke nomor tersebut adalah “jurusan yang anda tuju sedang sibuk”

tapi kalua dri log nomer gsm sudah masuk ke pbx briker…hanya saja route inbound jenangan tidak dapat meneruskan ke extensi mana…

spertinya maslaah di CID nya aja pak…ada yang kurang dikit seprtinya

salam

Dear Pak Zaki, pak Asoka dan Pak Anton,

Akhirnya berhasil call out/in lewat PBX melalui ipphone isat.
Senang sekali bisa dapat pencerahan dari para master, semoga indonesia lebih hebat lagi khususnya dalam telekomunikasi.

saya membuat satu nomor di CID, langsung ke jawab sudah.

Sekali lagi terimakasih banyak atas bantuanya para master…
salam,
jhoni

jgn lupa pak setelah testcall matchingkan CDR dengan pihak indosat…penting

Siap Pak Zaki,
Terimakasih buat masukan dan saranya.

Salam,
Indonesia Hebat…