Mohon maaf mau tanya dalam seting SIP Trunk, sebelumnya di PABX kantor kami di instal Elastix dengan menggunakan VOIP Gateway untuk menghandle 8 line PSTN Telkom.
Nah sekarang saya ditugaskan oleh atasan untuk menambah line telepon menggunakan SIP Trunk Telkom. Yang ingin saya tanyakan adalah =
Setting SIP Trunk Telkom itu menggunakan setingan IP yang diberikan dari Telkom kan ya, apakah PABX yang sudah saya seting tsb mesti dapat koneksi internet ??
Sebab selama ini saya mengkondisikan PABX tidak terkonek dengan internet. Hanya stand alone mengatur inbond & outbond panggilan serta fax.
Mengenai setingan IP yang diberikan oleh Telkom itu apakah bermasalah jika tidak sekelas dengan IP yang saya pakai untuk PABX nya ??
Contoh IP yang diberikan telkom misal 36.xx.xx.xx, kemudian IP static yang di PABX adalah 10.xx.xx.xx.
Biasanya SIP Trunk Telkom akan menggunakan infrastruktur sendiri, jadi nanti ada modem kaya indihome gitu, nah dari modem itu akan ada port ethernet untuk dihubungkan ke IPPBX , nanti dari telkom akan dikasih informasi IP tujuan Trunknya. Oleh karena modelnya ini P2P maka baiknya di IPPBX harus ada 1 NIC lagi yang dikonfigurasi untuk IP Trunk ke Telkom.
SIP trunk beda dengan E1. E1 per sambungan maksimal dapet 30 channel Nomer yang diprovide pun bisa 100 - 500 nomer tergantung seberapa “berani” provider memperkirakan dalam sekali waktu tidak ada yang melakukan panggilan serentak 30 panggilan dari 100-500 nomer tersebut.
SIP bisa memberikan berapapun nomer dan channel yang diminta… tergantung kapasitas bw yang dijamin. Misal bw nya 1MBps saja… ya ndak brani ngasih concurrent sampai 20 concurrent call. Paling2 10 cc.
Mas Godril, pnjelasan sederhana SIP TRUNK itu apa ya ? fungsinya bgmn kl d seting d elastix, tujuan seting apa ? mohon jgn d bully ya sy msh bru tahap bljr. istiilah ini sering skli d sebut2 sdh googling cm pnjlsan ny trll ilmiah malah gk nyangkut hehehe
SIP Trunk itu untuk menghubungkan dua jaringan telepon mas. Jadi misal Jaringan telepon kantor ingin disambungkan dengan jaringan telpon dari Operator. Biasanya punya kapasitas jumlah channel untuk memungkinkan panggilan serentak. Trunk ada macem2, yang saat ini umum adalah analog trunk (biasanya kabel rj11), TDM/ISDN trunk (biasanya satuan E1), dan SIP trunk.
trmksh sdh d balas hehehe, saya ada kasus begini saya sudah install Elastik4 softphone pake zoiper dan 3cx kbtln sy ada jaringan rt rw net… antar client sudah bisa melakukan panggilan via zoiper, message dan video call. lebih nya ini tanpa internet. nah kalao d bikin biar bisa melakukan panggilan voip d luar jaringan (via internet) apa harus pke vpn ya terus tambah port forward. pertanyaan slnjutnya sy ada akun SIP punya indihome kalo d manfaatkan bsa ndak d cantolin d elastik ini misalnya karena sama2 voip, apa bisa jika d tambah nnti bsa melakukan panggilan ke Operator lain misal kita bs call ke kartu XL, SImpati, indosat ?
assalamu’alaikum
mohon maaf saya masih belajar di ip pbx ini…
kebetulan kasus yang saya alami saat ini sama persis dengan kasus @abdullah
mohon penjelasannya kira kira ip yang diberikan dari pihak telkom ini dikonfigurasikan dimana ya? pada trunk atau di outbound atau di sip extenstion nya?
contoh ip yg diberikan dri telkom
ip sbc 10.20.30.40
ip ce 10.20.30.41
dengan 10 nomor telp
mohon para suhu bisa memberikan penjelasannya,