[solved] Setting Inbound pada Elastix Gagal Terus

Dear Master,
Saya coba setting inbound biar panggilan dari luar bisa ke elastix/extention yang dituju, selalu tidak bisa kenapa ya?

PBX > PBX Configuration > DAHDI Channel DIDs
Channel: 8
Description: FXO port 8
DID: 8

PBX > PBX Configuration > Incoming Routes
Description : Dari_Luar
DID Number : 8

Set Destination
Extentions > 150

Submit & Apply Config

tetapi waktu saya coba telp dari luar ke nomor telp pstn yang sudah terhubung sama card fxo port 8. ada nada sambung beberapa ringing tapi dari sisi extention 150 tidak bunyi/berdering…

PBX > PBX Configuration > Incoming Routes
Set Destination
Extentions > 150

Submit & Apply Config

semoga membantu

1 Like

Kalo misal ini menggunakan distro asterisk entah AsteriskNow, Elastix atau FreePBx distro, ada context khusus yg buat nerima panggilan berdasarkan DID namanya from-dahdi/from-zaptel. Kalo pake default from-pstn ndak bisa. Coba diedit dulu context nya dahdi_channels.conf dan chan_dahdi.conf dari from-pstn ke from-dahdi. Semoga berhasil.

1 Like

saya sudah coba, tetapi masuknya lama banget…knp ya, trus volumenya kecil padahal di phone/computer udah besar

ok mas godril, sudah bisa. terima kasih :wink: next topic

PBX > Tools > chan_dahdi.conf
cidstart=ring
immediate=yes
faxdetect=no
usecallerid=no

https://books.google.co.id/books?id=BDGVGdQwJ38C&pg=PT76&lpg=PT76&dq=delay+usecallerid&source=bl&ots=dAEUh9ZHhP&sig=FikVcVTEmGXQVWw-JSTLk1cIe4A&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=delay%20usecallerid&f=false

PBX > Tools > chan_dahdi.conf
http://kb.digium.com/articles/Configuration/How-do-I-adjust-the-gain-levels-on-DAHDI-channels

semoga membantu

om2 master… masih mengenai inbound call nih…

saya menggunakan FXO wellgate 2540 4 port (sementara saya buat testing 1 port)

waktu saya coba call dari luar(dari hp saya) ke nomor pstn voip :

  1. udah bisa mengarahkan ke nomor extension seperti posting diatas
  2. udah bisa menerima ring group (mirip poin 1)
    poin 1 dan 2 diatas tinggal ganti hot line tel seperti di gambar pada wellgate : http://tinypic.com/r/11mb12q/9 )

NAH… yang gagal nih waktu saya coba telpon dari luar trus di terima IVR.

pada wellgate, di INCOMING CALL HANDLING ada 2 pilihan:

  • HOT LINE
  • 2 Stage Dialing

kalau saya pilih Hot Line, saya harus masukin Hot Line TEL. (berlaku utk point 1 dan 2 diatas)

tapi waktu saya Pilih 2 Stage Dialing, kemudian saya coba call dari luar… masuk dan ada nada tuuuuut panjang dan kita bisa pencet nomor seperti outbound call bila kita men dial nomor trunk yg di FXO.

seperti itu… mohon petunjuk nya…

semoga ngerti aa yg saya maksud diatas.

Saya belum sampai IVR mas, pernah coba setting IVR blm bisa2 apa karena hasil record nya gak bisa muter/play, semoga master2 yang lain bisa membantu

Kalo 2 stage dialing memang begitu mas, akan ada dial tone kedua menunggu caller mendial nomer ekstensi yang dituju. Istilahnya kalo di Asterisk namanya DISA. Dibagian hotline apakah bisa diset ip address Asterisk?

Kalo misal ndak bisa dan harus nomer ekstensi, coba diakali begini:

  1. create 1 nomer ekstensi yang tidak diregister oleh ip phone/softphone mana pun.
  2. masih di halaman ekstensi tersebut, di bagian Optional Destination (asumsi pake distro FreePBX, AsteriskNow, Elastix, atau Briker), di bagian pulldown No Answer, Busy, dan Not Reachable, semua dipilih IVR (ketiga-tiganya). Lalu klik Sumbit, dan jangan lupa Apply Config.
  3. Lalu di Wellgate/Welltech di bagian Hotline, isikan nomer ekstensi di atas.

Sebenernya ini solusi agak tidak cantik, hanya karena saya sendiri juga belom tau daleman wellgate/welltech saja sih.

maaf, om… baru reply…

saya pake briker… di menu extension … waktu create extensi baru … saya tdkmenemukan Optional Destination, apa ga salah om, mungkin bs lbh detail dmn , ampe saya search kata2 tsb di halaman extensi, tapi ga nemuin.

om… baru saja sebelum posting saya trial IVR lagi…
saya dapetin error atau ga tau ini kesalaha saya atau brikernya yg error ya.

saya menggunakan metode RING GROUP untuk IVR nya., jadi:

  1. di Welgate saya piih hotline, dan saya masukin nomor dial ring grup, disini sapa masikin ext 600
  2. di option ring group pada briker, ring time saya kasih 5, ext ist saya masukin terserah.
  3. kemudian pada Destination if no answer: saya pilih extension lain

save - confirm save.

dari percobaan diatas, harusnya kalau exten dalam ring group gagal di hubungi akan di redirect ke ext lain >>> DAN INI BERHASIL

tapi bila pada POIN 3 diatas saya arahkan ke IVR, SELALU GAGAL (dan ada voice/jawaban: GOOD BYE) nutup telponnya. padaha saya upload recording nya sesuai persyaratan 16bit, 8000Hz,dlll.

kira-kia prosedur pemnuatan IVR ini gmn ya om.

dan untuk di wellgate kyk nya solve, utk yg hotline saya masukin RING GROUP EXT aja.

NB: apa ada vitur2 lain yg harus di aktivkan via console atau gmn, mohon petunjuk.

UPDATE TERKINI.

IVR udah berfungsi dengan baik. TERNYATA recording yang bersumber dari luar kemudian di UPLOAD ke Briker >>>> tidak di kenali formatnya meipun saya udah sesuaikan dengan permintaan nya.

SOLUSI NYA:

buatlah rekaman/recording langsung dari pesawat telelpon salah satu extension. dengan pencet *77(mulai merekam setelah ada nada TUT …) dan bila selesai tekan #

untuk mendengarkan hasil rekaman anda pencet *99 kalau udah tutup aja.

rekaman tadi akan tersimpan di /tmp (pada console SSH anda)

pindahlah rekaman tsb ke folder …/sounds/custom/, kalau saat ini saya menggunakan Briker lokasinya :

/var/opt/ippbx/var/lib/asterisk/sounds/custom/

pindah ada rekaman anda ke folder tersebut. dan seting ivr anda seperti pada umumnya.

and IT’sWORKED

1 Like

petunjuk ini ngga berjalan ?

https://help.briker.org/v/2.0/id/ippbx_administration/interactive_voice_response.html

anton

itu udah saya lakukan dai awal… record dari laptop/hp rekaman nya, trus upload… tapi ternyata ga bs di play waktu proses test ivr nya. padahal sebelum upload udah saya test hasilnya bisa di play.

dan saya udah pastikan setting encode pada 16bit, 8000Hz, dan simpan dengan extension .wav (misal: welcome.wav)

dan hasilnya rekaman yg brsumber dari server langsung yg valid (record dari salah satu pesawat tlp), seperti penjelasan saya sebelumnya…

begitu om…

Coba diconvert ke .gsm mas.
aku pernah coba convert ke .wav dengan spek sesuai recommend belum berhasil, tp setelah saya convert ke .gsm mau bersuara :slight_smile:

Untuk Briker 2.0, sedang di fixing, akan dimasukkan ke patch firmware berikutnya.

Thanks

mau tanya dong om om caranya ganti suara nada dering incomingg callnya gimana yah?
mohon pencerahanya