ID Asterisk

Setting Hunting number di Grandstream UCM6208

Selamat siang rekan2

Saya ada kendala untuk setting hunting number di PBX, kira2 gimana ya supaya kalo ada panggilan masuk secara bersamaan nadanya jadi ngga sibuk dan nomor tersebut bisa dihubungi. Jdi kalau ada panggilan masuk bisa dialikan ke nomor/extension lain

Nganu…

apakah inboundnya saat ini cuma diarahkan ke satu ekstensi saja? (biasanya operator). Jadi ada beberapa skenario. Saya ndak hafal setting di Grandstream, tapi setidaknya konsepnya begini:

  1. Inbound call diarahkan ke sebuah group yang isinya beberapa ekstensi saja. (Ini jika penerima telpon bisa lebih dari satu). Atau…
  2. Jika hanya ada satu operator, perangkat IP Phone operator ada setting namanya Call Waiting. Sebaiknya diaktifkan. Caranya tergantung brand masing-masing ip phone. Keywordnya " Call Waiting". Atauu…
  3. Dibuatkan Call Queue (seingat saya ada di dalam menu Call Features). Biasanya di sini disambut sama rekaman IVR. Jika operator sedang menerima panggilan dan cuma ada satu operator, panggilan masuk akan ditahan di Queue tersebut, mungkin dengan pemberitahuan "Mohon tunggu sebentar, panggilan anda akan segera disambungkan (setelin lagu/jingle) ".

Skenario di atas dengan asumsi concurrent call nya dari operator juga lebih dari satu.

Semoga membantu.

Benar mas… inboundnya diarahkan ke satu ektension aja ke operator. jadi kalo ada incoming call nanti diarahin ke operator dulu.

Jadi kalo yg saya pahami diatas, pertanyaannya saya

  1. kalau inbound call diarahin ke group yg isinya beberapa ektensi saja apakah nanti kalo ada panggilan masuk semua telpon berdering?
  2. concurrent call itu maksudnya gmna ya mas?
  3. apakah semua cara diatas harus diterapkan?

ini saya masih bingung flownya. Bisa dijelaskan lebih lanjut?

  1. Betul… jadi misal diarahkan ke group yang isinya 3 ekstensi, nanti jika ada 3 telepon masuk akan dapat diterima oleh salah satu dari tiga ekstensi tersebut. Hanya saja jika 3 ekstensi tersebut sedang menerima telepon, panggilan ke 4 akan hangup.

  2. Concurrent call adalah panggilan serentak yang ditujukan ke nomer utama PBX mas. Misal nomer PBX mas adalah 02123456789, jika dari operator berlangganan 5 concurrent call, maka secara bersamaan pada satu waktu, jalur telpon tersebut dapat digunakan untuk maksimal 5 panggilan (kumulatif inbound dan outbound). Contoh, jika ada dua panggilan masuk yang sedang aktif, maka sisa panggilan masuk atau keluar adalah 3. Jika sedang ada 5 panggilan aktif, maka panggilan ke 6 akan didrop.

  3. Tidak semua cara di atas harus diterapkan, pilih salah satu saja. Saran saya sih dengan memanfaatkan Queue. Jadi jika ada panggilan masuk, kalau operator sedang tidak sibuk, akan diteruskan ke operator tersebut. Tapi jika operator tersebut sedang sibuk, maka panggilan masuk tersebut akan ditahan di antrian. Misal dengan rekaman suaraa “Mohon tunggu sejenak, panggilan Anda akan diteruskan”, trus disetelin lagu/jingle perusahaan/Music On Hold.

nganu mas… mau tanya lgi, Kalau misalnya mau calling pakai aplikasi dari android trus dia ngeforward ke line hunting itu bagaimna ya mas… Jadi yang manggil nantinya nomor kantor yg nelpon lawan bicara kita.