Penggunaan Load Balancing pada Voip


(muliatitahklarista) #1

Apakah bisa load balancing dengan metode PCC diterapkan pada voip ?
Kalau memang bisa bagaimana caranya mensetting pada router,?
jika semisal terdapat 3 server yaitu A,B,C dimana server A sebagai routernya/pengontrol agar membagi beban panggilan untuk ke server B dan C sebagai client ?
pertanyaannya bagaimana mensetting pada load balance (router) agar setiap exstensi yg kita buat misal kode kepala extensi 1,2,3,4,5 akan tersalurkan pada server B sedangkan untuk kepala ekstensi 6,7,8,9,0 ke server C ?
TERIMAKASIH


(godril) #2

Kalau sependek yang saya pahami, load balancing di voip ndak bisa dilakukan seperti load balancing paket data biasa. Sebab, inisiasi panggilan VoIP itu ada dua step. Yang satu signalling, dan yang satunya Mediastream. Signalling ini akan menentukan sesinya bagaimana, misal codec yang dipakai, port RTP dan RTCP yang dipake, ip address media server, dll. Jika diload balance ala paket data, signaling sama mediastream nya diarahkan server yang berbeda takutnya jadi ndak jalan, kecuali masing2 Asterisk bisa ngrekam sesi/state sesama Asterisknya.

Kalao load balance voice sebaiknya menggunakan SER (SIP express routing), yang opensource ada dua, OpenSIPS dan Kamailio. Module yang dipakai nanti namanya dispatcher. Silahka baca2 di http://www.opensips.org/html/docs/modules/2.2.x/dispatcher.html .

Kalo OpenSIPS, di sini jagonya pak @anton dan mas @asoka . Mungkin bisa berguru pada beliau2.