master-master saya dapat cllient yang mereka punya 10 server IPPBX saat ini akan berlangganan dengan perusahaan saya, permasalahan yang sekarang timbul adalah mereka minta distribusi incoming call dengan cara random ke server mereka, yaitu incoming call pertama ke server1, incoming 2 ke server 2 dan seterusnya berurutan, demikian juga apabila salah satu server down saya harus bisa memindahkan incoming ke server berikutnya dan seterusnya
saya bingung dengan hal ini, adakah yang bisa menjelaskan bagaimana cara melakukan itu semua di briker?
kalau outgoing call saya masih bisa akali dengan menerima semua request dari 10 server tersebut, tapi distribusi incoming call ini saya sama sekali tidak mengerti
pak @godril apakah bisa bantu saya memberikan ide?
saya jawab sebisanya di sini… kalau membantu langsung belum bisa commit. Karena sedang tengah2 project juga harus kelar September. Itu sepertinya mas @asoka punya cara roundroubbin dari asterisknya.
wkwkwkw… ya sudah biarkan sip routernya aja yang mengerjakan tugas. Ini kalo bukan mas @asoka aku juga ndak mudeng. Penasaran juga sih kasusnya menarik.
Thanks pa @sugiharto, saat ini tengah coba menjalankan saran pak @godril, saya sedang mencoba opensips dan kamailio, tapi karena kamailio ga support b2bua mungkin saya cenderung ke opensips.
sedang berusaha keras belajar opensips, deadline saya masih ada 2 minggu lagi hehehe
pak @sugiharto tahu ngga cara menghitung CCR untuk asterisk base on spesifikasi hardware? atau pak @godril bisa kasih pencerahan, pak @asoka mungkin?
Saya pillih sip proxy (opensips) dengan satu asumsi tambahan bahwa opensips akan meneruskan semua media request langsung ke operator, jadi saya bisa menghemat hardware.
case saya kali ini saya mesti provide kurang lebih 2000 CCR, kemungkinan bisa penuh sampai 80%
Belum pernah ngitung CCR sebelum terjadi panggilan. Taunya kalo sudah sebulan atau lebih baru ketauan wkwkwkw…
Benar, opensips tidak handle media, karena dengan dispatcher module media akan diassign ke asterisk.
Ini ngobrolin komitmen ITKP? CCR tidak dihitung dari spec server om, ada banyak faktor. CCR atau Call completion Ratio, adalah panggilan yang terjawab dan selesai dengan 200ok/ack dibanding yang ndak terjawab. Ndak terjawab juga alesannya banyak, bisa jadi nomernya ndak ada, telepon yang dituju ndak nyala, link putus, maintenance, bahkan sampe user yang ditelpon sekedar ngreject call dihitung sebagai failure. Tapi kalo penasaran sama ccr saya: