ID Asterisk

Metode round robin untuk incoming call

Selamat malam,

master-master saya dapat cllient yang mereka punya 10 server IPPBX saat ini akan berlangganan dengan perusahaan saya, permasalahan yang sekarang timbul adalah mereka minta distribusi incoming call dengan cara random ke server mereka, yaitu incoming call pertama ke server1, incoming 2 ke server 2 dan seterusnya berurutan, demikian juga apabila salah satu server down saya harus bisa memindahkan incoming ke server berikutnya dan seterusnya

saya bingung dengan hal ini, adakah yang bisa menjelaskan bagaimana cara melakukan itu semua di briker?

kalau outgoing call saya masih bisa akali dengan menerima semua request dari 10 server tersebut, tapi distribusi incoming call ini saya sama sekali tidak mengerti

pak @godril apakah bisa bantu saya memberikan ide?

terima kasih

Sori baru baca, lagi perjalanan luar kota. Saya jawab oversimplified ya, nanti kalo ada yang salah rekan2 lain mohon saya dikoreksi.

Kalau dari IP PBX ASterisk sendiri agak repot kalau melakukan ini sendiri, tapi bisa dibantu dengan project opensource lain seperti Kamailio atau Opensips. 2 aplikasi ini akan melakukan roundroubin seperti yang mas harapkan dengan module dispatcher (https://kamailio.org/docs/modules/4.3.x/modules/dispatcher.html, https://opensips.org/html/docs/modules/2.3.x/dispatcher.html). Asterisk/IP PBX akan menjadi media servernya.

Siapp pak terima kasih banyak, akan saya coba, apakah pak @godril bisa membantu saya jika ada kesulitan (maksud saya secara profesional?)

terima kasih pak

Bisa om Asterisk, pakai AGI, jalanin external program buat ngatur next incoming nya kemana :smile:

woh lha ini mas… jos!!!

saya jawab sebisanya di sini… kalau membantu langsung belum bisa commit. Karena sedang tengah2 project juga harus kelar September. Itu sepertinya mas @asoka punya cara roundroubbin dari asterisknya.

Saya sudah sempat coba pak AGI pakai c, tapi perlu ketelitian extra, banyak gagal hahahaaa, saya takut nanti masuk production malah betantakan

wkwkwkw… ya sudah biarkan sip routernya aja yang mengerjakan tugas. Ini kalo bukan mas @asoka aku juga ndak mudeng. Penasaran juga sih kasusnya menarik.

pakai built-in queue asterisk saja om.

Thanks pa @sugiharto, saat ini tengah coba menjalankan saran pak @godril, saya sedang mencoba opensips dan kamailio, tapi karena kamailio ga support b2bua mungkin saya cenderung ke opensips.

sedang berusaha keras belajar opensips, deadline saya masih ada 2 minggu lagi hehehe

kamailio dan opensips pada dasarnya sama, yaitu sebagai sip-proxy (bukan b2bua)

-https://www.youtube.com/watch?v=FFIwE4KGzis --> penjelasan queue.
di part-part berikutnya juga ada.

pak @sugiharto tahu ngga cara menghitung CCR untuk asterisk base on spesifikasi hardware? atau pak @godril bisa kasih pencerahan, pak @asoka mungkin?

Saya pillih sip proxy (opensips) dengan satu asumsi tambahan bahwa opensips akan meneruskan semua media request langsung ke operator, jadi saya bisa menghemat hardware.

case saya kali ini saya mesti provide kurang lebih 2000 CCR, kemungkinan bisa penuh sampai 80%

Apakah asumsi saya benar?

Terima kasih pencerahannya

Belum pernah ngitung CCR sebelum terjadi panggilan. Taunya kalo sudah sebulan atau lebih baru ketauan wkwkwkw…
Benar, opensips tidak handle media, karena dengan dispatcher module media akan diassign ke asterisk.

dari pengalaman pqk @godril, kalau saya pakai dual xeon keluarga E5 32 thread, 16 core, 3ghz dengqn memory 64 kira2 dapat berapa ya pak?

Ini ngobrolin komitmen ITKP? CCR tidak dihitung dari spec server om, ada banyak faktor. CCR atau Call completion Ratio, adalah panggilan yang terjawab dan selesai dengan 200ok/ack dibanding yang ndak terjawab. Ndak terjawab juga alesannya banyak, bisa jadi nomernya ndak ada, telepon yang dituju ndak nyala, link putus, maintenance, bahkan sampe user yang ditelpon sekedar ngreject call dihitung sebagai failure. Tapi kalo penasaran sama ccr saya:

image

Silahkan… wkwkwkwkwkw

byuuh… ngeri…90,68% diangka 216,532 spek servernya apa itu pak?

Gedean punya om @Yassuki berkali lipat lah. Cuma di sini main server nya kroyokan.

berasa kecil saya yng hanya menangi ratusan call perhari :grinning::grinning:

ini saya blm sukses pak, setup kamailionya, sepertinya saya butuh bantuan profesional, media selalu drop di detik kesekian… sejak call pertama

kalo lokasi di jakarta bisa colek mas @irfan . Jago tuh doi.