ID Asterisk

Metode round robin untuk incoming call

Selamat malam,

master-master saya dapat cllient yang mereka punya 10 server IPPBX saat ini akan berlangganan dengan perusahaan saya, permasalahan yang sekarang timbul adalah mereka minta distribusi incoming call dengan cara random ke server mereka, yaitu incoming call pertama ke server1, incoming 2 ke server 2 dan seterusnya berurutan, demikian juga apabila salah satu server down saya harus bisa memindahkan incoming ke server berikutnya dan seterusnya

saya bingung dengan hal ini, adakah yang bisa menjelaskan bagaimana cara melakukan itu semua di briker?

kalau outgoing call saya masih bisa akali dengan menerima semua request dari 10 server tersebut, tapi distribusi incoming call ini saya sama sekali tidak mengerti

pak @godril apakah bisa bantu saya memberikan ide?

terima kasih

Sori baru baca, lagi perjalanan luar kota. Saya jawab oversimplified ya, nanti kalo ada yang salah rekan2 lain mohon saya dikoreksi.

Kalau dari IP PBX ASterisk sendiri agak repot kalau melakukan ini sendiri, tapi bisa dibantu dengan project opensource lain seperti Kamailio atau Opensips. 2 aplikasi ini akan melakukan roundroubin seperti yang mas harapkan dengan module dispatcher (https://kamailio.org/docs/modules/4.3.x/modules/dispatcher.html, https://opensips.org/html/docs/modules/2.3.x/dispatcher.html). Asterisk/IP PBX akan menjadi media servernya.

Siapp pak terima kasih banyak, akan saya coba, apakah pak @godril bisa membantu saya jika ada kesulitan (maksud saya secara profesional?)

terima kasih pak

Bisa om Asterisk, pakai AGI, jalanin external program buat ngatur next incoming nya kemana :smile:

woh lha ini mas… jos!!!

saya jawab sebisanya di sini… kalau membantu langsung belum bisa commit. Karena sedang tengah2 project juga harus kelar September. Itu sepertinya mas @asoka punya cara roundroubbin dari asterisknya.

Saya sudah sempat coba pak AGI pakai c, tapi perlu ketelitian extra, banyak gagal hahahaaa, saya takut nanti masuk production malah betantakan

wkwkwkw… ya sudah biarkan sip routernya aja yang mengerjakan tugas. Ini kalo bukan mas @asoka aku juga ndak mudeng. Penasaran juga sih kasusnya menarik.