Konfigurasi call record system

Selamat pagi…
pak saya mau tanya mengenail call record
apa saja yang harus kita siapkan pada asterisk jika ingin mengkonfigurasi call record pak?
apakah pembuatan call record harus ada aplikasi mysql yang terinstal di server ?
terima kasih pak

Yang dimaksud call recording atau call detail record (cdr) ?

Kalau Call record pada asterisk bisa menggunakan MixMonitor application. Dan tidak perlu menggunakan MySQL, karena call record akan bikin file di /var/spool/asterisk/monitor

Kalau CDR perlu menggunakan MySQL server agar bisa ditampung dan selanjutnya bisa diolah dari database CDR tersebut, atau bisa juga outputnya langsung CSV

yang saya maksud call record pak, yang dimana server dapat merekam percakapan yang berlangsung.
untuk cara mengakses mixmonitor pada asterisk 11.0 bagaimana ya pak?
terima kasih pak

Biasanya diimplementasikan pada extensions.conf sebelum command Dial dijalankan.

Contoh apabila menggunakan [Simplify-Dialplan][1] dari manual pak Anton, maka :

[office]
; _1XX will match with 100 to 199
exten = _1XX,1,Verbose(Dialing ${EXTEN})
   same = n,MixMonitor(${CALLERID(number)}-${EXTEN}.wav)
   same = n,Dial(SIP/${EXTEN})
   same = n,Hangup

Dari contoh diatas apabila dari user 101 dial ke 102, maka nama recordingnya menjadi 101-102.wav dan ada di folder /var/spool/asterisk/monitor
[1]: https://github.com/antonraharja/book-asterisk-101/wiki/2.6-Simplify-Dialplan

terima kasih pak atas penjelsannya.
Jadi jika kita menggunakan syntax diatas,maka percakapan yang berlangsung akan otomatis terrekam dan hasilnya tersimpan di server?

iya betul, nanti ada di folder /var/spool/asterisk/monitor

terima kasih pak asoka
pak saya lihat di voip cook book milik pak ONO , disana ada VQmanager untuk melihat call reports.
Apakah saat ini aplikasi VQmanager masih bisa digunakan?