[HELP] TRIXBOX - Bagaimana Cara Setting Call Record & Play Back-nya

Selamat Pagi/Siang/Malam…

Mohon bantuannya,
Kondisi saya menggunakan server Trixbox, jika saya ingin mensetting supaya setiap percakapan bisa secara otomatis terekam, apa saja yang perlu saya setting. Apakah bisa disetting melalu GUI nya?

Dan jika nanti sudah berhasil terekam setiap percakapannya, bagaimana cara memainkan/Playback nya, apakah bisa juga di play lewat GUI nya?

Sekian pertanyaan saya…

Terima Kasih

Saya belom pernah pake trixbox, baru make freepbx/elastix
Mungkin dibawah saya ada yg lebih faham

semoga aja gan :smiley:
udah ngubek ubek gugel nggak nemu juga,

saya agak lupa detailnya, tapi call recording itu disetup di setiap konfig extensions. Coba saja buka halaman config extensions. ada semacam call recording options, karena trixbox juga berbasis freepbx.

Jika belum ada, biasanya perlu menambah modul/plugin call recording dari webUI trixboxnya jg.

untuk yang di halaman extension, sudah tak pilih ‘always’ gan buat recording nya…ada pilihan on demand, always, sama never.
tp pas di halaman ‘call monitor’ kok nggak bisa di play ya?
apa kah kita tidak perlu menconfig file di server?
thanks

ndak bisa diplay nya kenapakah? ada pesan yang muncul gitu? atau plugin playernya di browser? boleh dishare?

pas di halaman ‘call monitor’, ada pilihan ‘play’…pas di klik cuma muncul ‘pop-up’ aja title nya “ARI”…trus gak keluar apa2 gan…

kemungkinan plugin player di browser. Coba install itunes. Atau filenya didownload aja

nggak ada pilihan download gan :smiley:
cuma ada pilihan play,

kalau lihat di youtube yg pakai ‘xorcom’ disana ada pilihan play sama download, tp di trixbox kok gak ada ya…
mungkin pilihan terakhir download file .wav yg di server pakai winscp trus di play di windows ya :smiley:

wahihihiih… omaigat! Rumit banget kayak sinetron indo. Sudah coba kalo misal pake browser lain?

udah gan, pake chrome atau mojila sama aja haha

kemarin jadinya ngremote ip trixbox via “WinSCP” pake mode -SCP- bukan -FTP- trus masukin user sama pass, buka di direktori ‘/var/spool/asterisk/monitor’ di direktori ini isinya file rekaman percakapan semua dengan ekstensi .wav…jadi file .wav tak copy kan ke windows, baru tak play di woindows gan jadinya huehehe

eh iya, tp masih ada yang ngganjel…kan format filename nya [tanggal]-[waktu/jam]-NOMORACAK.wav
terus kalau ingin merubah format filename nya menjadi [tanggal]-[waktu/jam]-EXTENSION-DIALEDNUMBER.wav gimana ya gan?

coba om di dalam file extensions_override_freepbx.conf (kalo pake elastix di extensions_override_elastix.conf) cari [macro-record-enable]. Ntar di salah satu barisnya ada semacam:

exten => s,n,Set(CALLFILENAME=OUT${ARG1}-${STRFTIME(${EPOCH},%Y%m%d-%H%M%S)}-${UNIQUEID})

diganti, misal:

exten => s,n,Set(CALLFILENAME=OUT${ARG1}-${STRFTIME(${EPOCH},%Y%m%d-%H%M%S)}-${REALCALLERIDNUM},${CALLERID(dnid)})

demikian sependek yang ane tau gan…