Fungsi call parking, dan conference call di asterisk

Untuk fungsi call parking sebenarnya semacam hold call. Penelpon yang masuk di"antre"kan terlebih dahulu, sampai dijawab oleh yang berkepentingan. Misal di semacam callcenter, panggilan masuk akan dimasukkan ke sebuah antrian sampai dengan agent/cs yang lowong menjawab telepon tersebut. Sedangkan untuk setup call parking dan conference, jika masih belajar awal. sebaiknya asterisk diinstall bareng dengan FreePBX. Contoh instalasi bisa dibaca di Bereksperimen dengan Asterisk 13 dan FreePBX 13 . Jika sudah install sila check ke tab Application. Di situ ada menu untuk setup call park dan conference. Menu2nya cukup intuitive, tergantung contoh kasus yang dihadapi bagaimana. Misal conference, bisa berupa ruang diskusi di mana semua peserta bisa berbicara dan didengar, sedangkan jika berupa ruang presentasi, hanya satu orang saja yang bisa bicara sementara semua peserta di-mute supaya tidak mengganggu pembicara utama. Masing-masing parameter ada tanda tanya (’?’) yang jika kita letakkan kursor di atas nya akan muncul informasi penggunaan parameter tersebut.

Selamat mencoba!