ID Asterisk

Failover manual asterisk

Hy all,
Ijin bertanya untuk teman-teman suhu, saya ada asterisk production dan backup. saya ingin menjalankan asterisk backup ketika production ada kendala tp masih dengan cara manual.

Flow nya seperti ini = saya ada IP local untuk client register 192.168.1.2 redirect ke ip server prod 192.16.1.10. jika ada kendala diserver prod, maka IP 192.168.1.2 ini akan saya redirect ke IP backup 192.168.1.11

Masalahnya = ketika IP 192.168.1.2 ini saya ubah dst ke IP backup ternyata dia masih nyangkut ke IP prod, registernya masih ke IP prod, pdahal secara jaringan nya sudah beralih ke dst IP backup.

Untuk teman-teman kira2 ada solusi untuk ini tidak ya ?

Mungkin bisa dicoba dengan floating ip, virtual router dan sebagainya, bisa baca baca di Asterisk HA, intinya no single point of failure, saya sudah terapkan di topology saya, walaupun bukan asterisk, tapi kamailio, tapi semua berjalan baik, router, sip proxy, db server semua punya backup dan automatic failover mechanism

bisa minta referensi nya pak @Yassuki ? belum nemu nih cari referensi yang sesuai dengan pak Yasuki maksud

Cara yang paling cepet mungkin bisa menurunkan maxexpiry nya jangan diset ke 3600. Di SIP server saya (tapi kebetulan bukan asterisk) yang meladeni banyak user, hanya saya set 360. Supaya ketika sudah dialihkan ke backup, dia segera register.

Cara lain bisa dengan ip floating seperti yang mas @Yassuki sampaikan,

Ada satu lagi yang saya sendiri belom coba juga, misal mas mau coba dan berhasil, mohon berkenan untuk share ke kami di sini. Yaitu dengan menggunakan HAAst (High Availability Asterisk) dari Telium.

untuk case ini sudah ada solusinya gan.
Saya ada kebingungan terhadap saran-saran diatas sih tapi mungkin buat teman-teman yang bisa implementasi itu bisa dishare disini juga.

Untuk contoh kasus diatas “redirect IP” memang tidka bisa dilakukan diasterisk, tetapi ada cara simple yang bisa, yaitu pakai DNS/Domain (voip.tes.com). Saya sudah coba implmentasi dan ini SUKSES. register agent ikut beralih ke server backup, tetapi perlu sedikit action sedikit dari agent untuk unregist dlu kemudian regist lg atau dengan cara exit softphone kemudian buka lg.

Untuk para suhu diatas terimakasih saran-sarannya ya, mantap.