ID Asterisk

Chan_SIP setiap 60s update UNREACHABLE

Hy teman2 saya baru migrate asterisk ke cloud, ada issue setiap 60 detik sip jadi UNREACHABLE ( chan_sip.c:24652 handle_response_peerpoke: Peer ‘xxx’ is now UNREACHABLE! Last qualify: 29),
tetapi status ini akan berubah lagi kurang lebih 60 detik lagi ke Reachable lagi (Peer ‘xxx’ is now Reachable. (17ms / 2000ms)).
Dampaknya : ketika extension diposisi UNREACHABLE maka ketika nmr tujuan mematikan telfon, maka softphone gak respon apapun, sampai timeout RTP baru dia mati.

ada solusi kah teman teman ?

kualitas koneksi ke servernya bagaimana ? saya ngalamin kalo kualitas koneksi ke server nya berantakan

alhamdulilah, untuk kasus sperti ini sudah solve. problemnya adalah service port SIP hanya bisa searah. jadi dari client ke server register SIP 5060 sukses, tetapi dari server ke client no respon.

will send an OPTIONS packet to the endpoint periodically (default every minute). Used to monitor the health of the endpoint. If delays are longer then the qualify time, the endpoint will be taken offline and considered unreachable. Can be set to a value which is the msec threshhold. Setting to no will turn this off. Can also be helpful to keep NAT pinholes open.

jd setelah softphone regist, maka akan ada pengecekan lg ke client SIP secara periodic dari server. kalau SIP tidak dijangkau maka jd unreachable.

masalah ini sudah solve dengan membuka akses port dari server ke client.

Alhamdulillah, tapi kan hal ini biasanya bisa dilihat dr awal, klo portnya blom/ga dibuka status nya unreachable ketika dilakukan “sip show peers”

kalau “sip show peers” itu hanya untuk lihat status agent saja, sedangkan ini statusnya akan terlihat OK sebelum 60s, selebihnya akan unreach. hanya sebatas ngeliat status saja.
sedangkan port yang dari agent ke server sudah ok, jd softphone normal saja kalau mau register, ketika server akan kirim ACL ke agent baru itu yang ke blok.

1 Like

port yang dibukanya port berapa ?
klo di agent, untuk settingan NAT nya apa ?