ID Asterisk

[Ask][Solved] Supervisi transfer IVR pada IPPBX Briker

Semangat pagi,

Setelah mendapatkan pencerahan dari pak @asoka atas pertanyaan pada Topic sebelumnya, maka tahapan selanjutnya mengenai skenario berikut : (sesuai dengan mesin auto attendant yg sedang berjalan)

Skenario pertama :
a. Panggilan masuk diterima IVR
b. Pemanggil merespon dengan menekan pilihan angka, misal angka 0 (Operator).
c. Ekstension operator tidak menjawab setelah sekian detik.
d. Lalu IVR mengambil alih dengan informasi ekstension yg dituju tidak menjawab, lalu kembali lagi ke menu utama.
e. Pemanggil menekan pilihan angka yg lain, misal angka 5 (Tim Sales).
f. Ekstension Tim Sales ternyata sibuk.
g. Lalu IVR kembali mengambil alih dengan informasi ekstension yg di tuju sedang sibuk.
h. Lalu IVR kembali ke menu utama.
i. Jika tidak ada respon, panggilan masuk otomatis di tutup.

Skenario kedua :
a. Panggilan masuk diterima IVR
b. Pemanggil tidak melakukan inputan
c. IVR melakukan konfirmasi, tidak ada pilihan diterima, lalu kembali ke menu utama
d. Tetap tidak ada inputan
e. IVR mengucapkan terima kasih, lalu menutup panggilan masuknya.

Pertanyaannya adalah :

  1. Hal apa saja yang diperlukan untuk 2 skenario seperti diatas?
  2. Dimana konfigurasi dalam Briker agar skenario diatas dapat diterapkan?
  3. Jika ada tutorial online, boleh di bagikan, karena saya tidak menemukannya dalam forum ini ataupun pada website Briker.

Terima kasih atas bantuan dan petunjuknya.

Halo,

Solusinya adalah :

  • Ring Group
  • Announcement

Secara umum konfigurasinya :

  1. Bikin Announcement, siapin recordingnya dulu, pada announcement Destination After Playbacknya diarahkan ke IVR.

  2. Bikin Ring Group untuk Operator dan Sales, yang isinya adalah extension Operator dan Sales, set Ring Time nya sesuai yg dibutuhkan, lalu isi Destination if no answer nya ke Announcement yang dibuat pada no 1

  3. Pada IVR , tekan 0 arahkan ke ring group operator , tekan 5 ke ring group sales

  4. Untuk tidak ada respon itu pakai opsi t (timeout), pada IVR yang biasanya di isi 0, itu tambah lagi isi dengan t , lalu arahkan ke terminate call hangup. Durasi nya t itu ada pada menu Timeout.

Terima kasih Pak @asoka,

Saya coba terlebih dahulu…jika ada yg pertanyaan lagi, mohon maaf ya Pak, karena baru ujicoba pertama kalinya.

Pak @asoka, setelah saya pahami dan ikuti polanya, saya akhirnya telah memahami alurnya. Dan sudah berhasil menjalankan skenario seperti yg saya tanyakan di awal.
Dengan demikian pertanyaan ini saya anggap terpecahkan alias solved.

Terima kasih banyak atas pencerahannya Pak.